-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00

Test Footer

BLANTERWISDOM105

Contoh Analisis Model Pembelajaran

Lembar Kerja B2.1.c
Analisis Model Pembelajaran

- Pilih salah satu pembelajaran di buku guru dan siswa ( kelas 1 atau 4) !
- Tentukan model pembelajarannya !
- Susun skenario pembelajaranberdasar langkah-langkah pembelajaran pada buku guru dan
   sesuaikan berdasarkansintak model pembelajaran yang sudah ditentukan!
-Tulis  media pembelajaran yang  sesuai dengan pembelajaran tersebut

================================================================

Kelas                                                        : VI
Tema/Subtema/Pembelajaran        : 1/1/3
Model Pembelajaran                           : Model Pembelajaran Kooperatif

Sintak/Tahapan
KegiatanPembelajaran di buku
Fase I

Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
§  Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
§  Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
§  Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
§  Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini

Fase ke-2:
Menyajikan informasi
§   Guru menginformasikan kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif.
§   Siswa dapat menambah pengetahuan mereka dengan meminta mereka untuk membaca buku di perpustakaan atau teks yang telah disiapkan tentang perkembangbiakan secara vegetatif (apabila tersedia). Apabila tidak memiliki sumber tersebut, guru dapat mendatangkan narasumber dari orang tua.
§    



Fase ke-3:

Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar

§  Guru membagi siswa menjadi 3-4 kelompok
§  Guru menunjukkan buah atau sayur yang dibawanya
§  Guru meminta siswa mengamati tumbuhan buah atau sayuran yang dibawanya
§  Guru meminta siswa untuk menulis pertanyaan terkait tumbuhan/sayuran yang mereka lihat terkait perkembangbiakannya.
§  Setiap siswa mendiskusikan pertanyaan yang ditulisnya dalam kelompok.
§   Siswa mengisi table pada buku dan menulis manfaat perkembangbiakan secara vegetative




Fase ke-4:
Membimbing kelompok bekerja dan belajar



Fase ke-5

Evaluasi
-  Guru memberikan umpan balik pada hasil kerja kelompok. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru ketika peta konsep yang dibuat oleh kelompok masih perlu diperbaiki.
-  Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya
-  Kelompok yang lain menanggapi
Fase ke-6

Memberikan penghargaan
-  Hasil kerja kelompok  diberi skor oleh guru.
-  Kelompok mendapat predikat berdasarkan skor yang diperoleh.
-  Kelompok mendapatkan penghargaan dari guru.


Kelompok 3 Pattimura
Ketua                  : Zaini Hasan (SDN Banjarbanggi 1)
Sekretaris           : Eni Susiloningsih (SDN Banjarbanggi 2)
Anggota              :  1. Yanik Kurnia Budi Utami (SDN Bangunrejo Lor 3)
2.  Ratmiatun (SDN Bangunrejo 1)
3.  Suprapto (SDN Bangunrejo Lor 1)
4.  Sugiarto (SDN Bangunrejo Lor 4)
5.  Danang Sukamto (SDN Bangunrejo 2)
6.  Santoso (SDN Gembol 3)




Share This :

0 komentar

 Recent