-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00

Test Footer

BLANTERWISDOM105

4 Halaman Penting yang Wajib Ada di Blog

Setelah saling BW (Blog Walking) ke teman-teman blogger, akhirnya pada kesempatan ini saya dapat memberikan sedikit ilmu yaitu tentang 4 halaman penting yang wajib ada di blog. Ada 4 halaman penting yang Sebagian blogger masih ada yang belum paham dengan halaman penting ini. Mereka masih mengabaikan dan tidak menyertakan halaman penting ini pada blog mereka.
Kenapa halaman penting wajib ada di blog? Jawabannya sederhana, karena ini adalah identitas blog Anda. Tanpa halaman ini, blog ibarat rumah kosong tanpa ada penghuninya yang menyebabkan pengunjung bingung nantinya.

Para blogger yang sudah terbiasa menjadi Adsense publisher, tentu tidak akan melewatkan empat halaman penting ini. Ini merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh Anda yang berniat maju menjadi seorang publisher Adsense.
Bahkan pihak iklan lainnya pun banyak yang mensyaratkan kelengkapan blog oleh 4 halaman penting ini. Bisa di mengerti?

Halaman Penting pada Blog

1. ABOUT US
Halaman ini menunjukkan data tentang pemilik atau pengelola blog yaitu Anda sendiri sebagai penulis blog. Ada yang membuat halaman about hanya dengan link direct yang menuju ke salah satu profil akun sosial media dari si pemilik blog.
Hal ini kurang dianjurkan karena terkesan kurang profesional. Buatlah data yang berisi informasi lengkap tentang diri Anda dan konten pada blog yang Anda kelola. Kita bisa mempromosikan blog melalui deskripsi yang jelas kepada pembaca. Pada halaman ini kita juga boleh mencantumkan semua akun sosial media kita, tujuannya tentu untuk menambah follower. Halaman about yang disusun dengan konsep yang rapi dan teratur dipercaya mampu meningkatkan SEO. Disamping itu, juga bermanfaat untuk mempererat hubungan antara pembaca dengan si pemilik blog.

2. CONTACT US
Halaman ini juga penting. Khususnya yang bergerak di bisnis online. Laman contact berfungsi sebagai jembatan bagi konsumen yang berminat membeli produk yang ditawarkan. Tentunya jika kita mampu membuatnya lebih maksimal. Banyak blogger yang salah menilai tentang fungsi halaman contact us. Mereka hanya sekedar memasang contact form lalu menunggu pembaca memberi masukan atau sekedar kritikan.
Berikut adalah fungsi penting dari halaman contact agar Anda lebih mengoptimalkannya.
        a.        Sebagai sarana untuk mengetahui keinginan pembaca
        b.       Meningkatkan kepercayaan pengunjung pada blog Anda
        c.        Untuk menjaga hubungan baik antara pemilik blog dengan pembaca setia nya
Sedikit tips dari saya. Berikan jaminan buat pembaca melalui halaman contact, bahwa setiap email yang masuk akan segera direspon.

3. PRIVACY POLICY
Sebenarnya saya sudah membahas mengenai privacy policy pada artikel saya sebelumnya. Ini merupakan halaman yang paling penting dan mau nggak mau harus ada pada blog. Privacy policy merupakan halaman atau sebuah klausul yang menerangkan kepada pengunjung blog kita tentang informasi yang Anda dapatkan dari mereka untuk di kelola. Halaman ini juga sebagai bukti siapa pemilik blog atau website yang bersangkutan. Untuk lebih jelas tentang apa itu privacy policy dan bagaimana cara membuatnya, silahkan baca artikel saya tentang privacy policy.

4. SITEMAP (Daftar Isi Blog)
Halaman sitemap atau daftar isi berfungsi untuk memberitahu kepada search engine mengenai isi website atau blog kita secara rinci. Atau dengan kata lain sitemap akan memudahkan robot dalam mengindeks isi dari suatu blog atau website. Bagi pembaca, sitemap sebagai navigasi atau penunjuk arah yang memudahkan mereka menemukan isi dari blog kita secara keseluruhan. Melalui halaman ini, pembaca bisa langsung memilih judul artikel yang mereka sukai.
Artinya, sitemap bisa membuat pengunjung  Anda betah berlama-lama. Jika blog tanpa sitemap, bisa di pastikan calon pembaca blog akan kesulitan menemukan kriteria judul yang ingin mereka cari.
Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi sitemap.
        a.        Memberikan informasi tanggal terakhir sebuah artikel di update
        b.       Mengetahui intensitas kita dalam meng update artikel

Selain about, contact, privacy policy dan sitemap ada sebagian blogger yang menambahkan halaman disclaimer dan terms of services pada blog. Itu sah-sah saja tergantung selera. Namun pendapat saya pribadi, keempat halaman tersebut di atas sudah cukup mewakili sebagai bentuk kelengkapan sebuah blog. Semoga bermanfaat. 

Share This :

0 komentar

 Recent